Langsung ke konten utama

Istilah TKJ

Istilah pada Teknik Komputer dan Jaringan

Beep 
Bunyi speaker yang dikeluarkan komputer pada proses postatau pada saat ada kesalahan/gangguang tertentu. Suarayang muncul melalui speaker komputer, umunyamenunjukkan adanya kesalahan dalam program yangsedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam programyang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7. 

BIOS
Basic Input Output system . Software yang dipasang padachip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar,harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasiyang bisa mengidentifikasi set program yang digunakanuntuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disketsistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) darisistem dan umumnya tersimpan secara permanen.Program yang digunakan mikroprosesor untukmenyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran dataantara sistem operasi komputer dan perangkat tambahanyang terhubung pada komputer. 

Booting
Proses menghidupkan komputer. 

Bootable CD 
CD yang dapat digunakan untuk booting 

Bus 
Saluran yang terdiri dari sekumpulan jalur yang sejenis.Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat. 

Cache Memory
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban. 
Casing
Casing. Kotak tempat mesin komputer (motherboard dan pendukungnya, power supply, disk drive, hardisk, CD ROMdrive). Wadah atau tempat melindungi motherboard,control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya. Sebuah case komputer sebenarnya tak lebih dari rangka dari sebuah komputer. Case ini adalah tempat komponen-komponen yang membentuk sebuah sistem komputer terletak, juga untuk meletakkan alat pendingin (cooling fan), dan juga meng-ground listrik yang terdapat pada komponen-komponen yang ada melalui rangka yang terbuat dari besi. Case yang besar dengan tempat ekspansi yang banyak lebih disukai,dengan adanya ruang ekspansi yang banyak anda dapat menambahkan perangkat-perangkat lain dengan mudah.Contoh perangkat-perangkat yang dapat ditambahkan ini misalnya drive DVD, CD writer, dan lain-lain. Saat ini case dengan bentuk tower biasanya lebih disukai daripada case dengan bentuk desktop karena memiliki tempat yang lebih luas untuk ekspansi, dan juga dapat memiliki kemampuan pendinginan yang lebih baik. Sebuah case bisa berupa AT atau ATX, dimana perbedaannya terletak pada posisi motherboard nantinya, demikian pula power supply yang datang bersama case tersebut. Case komputer biasanya datang bersama-sama dengan power supply, walaupun kadang-kadang disarankan agar anda membeli power supply terpisah sehingga bisa mendapatkan kedua barang tersebut dengan kualitas yang sama-sama tinggi.

CD ROM Drive 
Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical)dan WORM (Write Once Read Many). 

CGA 
Color Graphics Adaptor. Salah satu tipe monitor, yaitu standar IBM untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna. 

Clock 
Jam/pewaktu. Rangkaian pembangkit frekuensi. Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakanuntuk menyamakan operasi semua elemen komputer. 

CMOS 
Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi,program diagnostik dan informasi tanggal dan waktupembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputerdimatikan. 

Com
Singkatan dari Communications atau sering disebut serialport, yaitu komponen yang menghubungkan CPU dengan printer, modem dan alat lainnya. 

CPU : Central Processing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah teknik disebut mikroprosesor, sedang dalam pengertian umum adalah mesin komputer yaitu casing beserta semua isi didalamnya. Pusat pengolahan masukan sehinggamenghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semuaregister, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb. 

CRT 
Catoda Ray Tube Teknologi yang dipakai untuk membuatsistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabungsinar katoda. 

Disk 
Suatu media penyimpanan data. Yang dimaksud dengandisk adalah floppy disk atau hard disk. Sedangkan floppydisk adalah disket. Piringan tipis yang dilapisi bahanmagnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlahdata atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasidipusatkan pada track. 

Disk Boot 
Disket yang dapat digunakan untuk melakukanbooting komputer Disk cleaner : cairan yang digunakan untuk membersihkanhead pada diskdrive 

Disk defragmenter 
tool yang digunakan untuk mengatur strukturatau tata letak file sehingga akan mengurangifragmentasi sebuah space hardisk. 

DRAM 
Dynamic RAM. Memori PC yang dapat dibaca dan ditulisi.Untuk menyimpan data dalam memori, isinya perlu direfresh secara periodik. Jenis memori ini banyakdigunakan pada bagian memori utama yang digunakanuntuk rutin proses. 

Drive 
Pintu, penggerak disk. Driver : Software yang menjadikan sistem operasi bisaberkomunikasi dengan peripheral atau alat lain, misalnyamouse driver untuk mengendalikan mouse. 

EGA 
Enhanced Graphics Adaptor. Salah satu standardresolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warnadalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA.Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warnapada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATITechnologies Inc dengan card bernama EGA WONDER,dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGAmasih memakai konektor monitor yang sama denganmonitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREXmengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional GraphicsAdapter), mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot)dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar(pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (ProffesionalEnhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (ProffesionalGraphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync, dan fleksibilitas yang dapat menggunakan monitor monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini mempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris. 

Floopy drive / diskdrive 
merupakan komponen komputer yangdigunakan untuk penggerak floopy atau disketsebagai media penyimpan data 

GUI 
GUI (Graphical User Interface) merupakan tampilanmenu suatu program komputer dengan modegrafis. 

Hard disk 
Media penyimpan data berkapasitas besar. 

Head 
Kepala, ujung perekam, bagian dari drive atau disk yangberfungsi untuk membaca atau menulis. 

Host 
Workstation (komputer pengguna) 

Instalasi 
Melakukan pengkopian, penempatan dan konfigurasifile-file yang diperlukan oleh sistem komputer. 

IP Address 
Alamat Internet Protocol merupakan nama sebuahkomputer yang terhubung dalam jaringan dalambentuk aturan tertentu. 

Jaringan Komputer 
Hubungan antara komputer satu dengan komputerlainnya untuk mendapatkan sharing sumber daya. 

Kernel linux 
Inti dari linux, merupakan kode-kode khusus yangdibuat untuk linux, dengan tugas manajemen proses, memory, driver hardware, driver file system,dan manajemen jaringan 

Keyboard 
Papan kunci, papan ketik. 

Konektor 
Suatu peripheral yang digunakan untuk menghubungkansatu node ke node lain melalui kabel. 

LAN 
Local Area Network 

LAN Card 
Sebuah periperal komputer yang digunakan untukmenghubungkan satu komputer dengan komputer lain. 

LPT 
Line Printing Terminal atau paralel port. Port untukmenghubungkan PC dengan printer. 

LSB 
Least Significan Bits. Unit terkecil dari informasi dalam suatu bilangan biner. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off. Dalam komputer suatu informasi disusun dalam 8 bit atau 1 byte. 

MPU 
Micro Processor Unit. Sama dengan CPU 

Motherboard 
Papan rangkaian komputer tempat semua komponenelektronik komputer terangkai. 

Mode Text 
Tampilan menu suatu program komputer denganmode tulisan atau text, biasanya perintahdieksekusi dengan tombol keyboard 

Open Source 
Proyek pengembangan software komputer yangpendistribusiannya bersifat free dan menyertakankode program aslinya sehingga dapatdikembangkan orang lain. 

Paterrn 
Kelompok data dalam satu kesatuan pada memory RAM,umumnya 1 byte = 8 bit. 

PCI 
Peripheral Component Interconnect. Peripheral bus yang umum digunakan pada PC, Macintosh dan workstation.Pertama kali didesain oleh Intel dan muncul di pasaran pada akhir 1993. PCI menyediakan jalur transfer data cepat antara CPU dengan komponen-komponen peripheral lain di PC seperti video, disket, jaringan dan lain-lain. 

Peripheral 
Peralatan. Spesifikasi peralatan pendukung yangdibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secaraoptimal. 

PIC Programmable Interupt Controller. Kendali selaterprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar periferal. Alat pengendali sela periferal yang membantu kerja CPU dalam proses penyelaan. 

POST 
Power on Self-Test yaitu test yang dilakukan oleh PC untuk mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC untuk bekerja dengan baik. 

Power Supply 
Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagaipencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus padaperalatan. 

Protocol 
Aturan 

RAM 
Random Access Memory, memori yang dapat dibaca danditulis. Informasi akan hilang jika komputer mati. 

Reset 
Mengosongkan memori atau mengenolkan logika keluaran.Memulai dari awal. 

Scandisk 
adalah tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file sistem 

Setup 
Menginstalasi 

Server 
Server adalah komputer yang menjadi sentral danmenyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain 

Sharing 
penggunaan bersama sumber daya (peripheral dandata) yang terdapat dalam komputer dalam jaringan. 

Sistem Operasi 
Sistem operasi merupakan sistem yangmenghubungkan antara pengguna komputer denganperangkat keras komputer. 

Software 
Piranti lunak, sebuah aplikasi program komputer 

Source Code 
Kode sumber yang dapat dikembangkan oleh Pengguna 

Tata letak 
yaitu gambar susunan komponen-komponen elektonikadalam bentuk gambar wajah dengan ukuran yang tepat sama. 

Topologi jaringan 
Cara menghubungkan antar komputer 

Troubleshooting 
Pemecahan permasalahan yang sering terjadi 

User friendly 
Sangat memudahkan pengguna 

USB 
Universal Serial Bus. Socket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modemdan printer. 

UTP 
UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan sepasangkabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua,empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakaidalam jaringan adalah 4 pasang/8 kabel) dengan metode pengawatan 

VRAM : Video Random Access Memory (Video RAM) Tipe spesialdari DRAM yang memungkinkan akses direct high speedmemory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahalbila dibandingkan chips DRAM yang konvensional. 

Sumber : Modul TKJ SMK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Perintah DOS - 1

Perintah DOS (Disk Operating System) 1. Perintah Internal DOS Adalah perintah yang dapat langsung dijalankan. Perintan internal DOS antara lain. CLS Adalah perintah untuk menghapus layar. Praktek-1 : Windows XP - Start -> Run -> cmd -> ok - ketik : CLS - enter CD\ Adalah untuk memindahkan direktory / folder yang aktif. Praktek-2 : Windows XP - Start -> Run -> cmd -> ok - pertama kali kita akan aktif pada folder : C:\ Documents and Settings\.....\> - ketik : CD\ - perintah untuk memindahkan direktory utama, maka prompt yang aktif menjadi - C:\> MD\ Perintah DOS untuk membuat direktory. Praktek-3 : melanjutkan praktek-2 - membuat folder DOS di C:\ - Ketik : MD\DOS - masuk ke folder DOS - ketik : CD\DOS - maka prompt menjadi : C:\DOS> - berarti kita sudah aktif di foder DOS yang ada di drive C Copy con Perintah untuk membuat file ASCI. Praktek-4 : (melanjutkan praktek-3) - membuat biodata.doc - C:\DOS\>copy con biodata.doc (enter) - nama : Huru Setiawan - Jen

WIFI

1. Sekali lagi, apa sih Wi-Fi? Wi-Fi adalah salah satu standard wireless networking. Dengan menggunakan peralatan yang sesuai, kita bisa terkoneksi ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Saat ini secara umum berlaku standard IEEE 802.11b, IEEE 802.11a dan IEEE 802.11g. 2. Perangkat yang dibutuhkan Dari sisi pengguna, peralatan yang dibutuhkan adalah 1. Laptop: tentu saja untuk mengakses internet, anda memerlukan sebuah komputer.Laptop anda harus memiliki slot PCMCIA , karena pada slot ini nanti kita akan memasukkan perangkat Wi-Fi. 2. Wifi PCMCIA Card: peralatan yang berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal. 3. Pemasangan card dan instalasi driver Periksa dulu letak slot PCMCIA pada laptop anda. Kemudian masukkan Wi-Fi Card anda Sampai dengan masuk sempurna Setelah itu, maka sistem operasi akan mendeteksi hardware yang baru dimasukkan Selanjutnya kita masukkan CD driv

Tes Power Suply

Power ON : Langkahnya : Pastikan kabel power sudah terpasang dengan stop-kontak listrik. Siapkan kabel yang ujung sudah terkelupas Cari kabel warna hijau dan hitam Masukan ujung kabel ke kabel yang warna hijau, dan ujung yang lain yang warnanya hitam perhatikan kipas pada power suply apakah berputar, jika berputar berarti power suply masih jalan . TES VOLT pada Power Suply : Besarnya Volt Setiap Kabel : 1. warna merah = 5 V 2. Warna Kuning = 12 V 3. Warna Orange = 3,3 V 4. warna ungu = power goog (5v) 5. warna Biru = -12 V 6. Warna putih = -5 V Langkahnya : Siapkan alat multitester Aktifkan multitester pasa posisi DC 50 Volt Pastikan Power Suply dalam keadaan ON Masukan kabel Multitester warna hitam ke kabel power suply warna hitam, sedangkan kabel Multitester warna merah ke kabel power suply warna Merah, Kuning, Orange, Ungu Catat hasilnya Masukan kabel Multitester warna hitam ke kabel power suply warna Biru, sedangkan kabel Multitester warna merah ke kabel power suply warna Merah, Ku